Blog Competition

6 Alternatif Wisata Religi Dekat Olympic Residence Sentul

Semua orang tentu menyukai aktivitas berwisata. Apalagi di era media sosial ini, seseorang yang sering memiliki mood yang buruk kerap dianggap karena kurang berwisata atau ‘kurang piknik’. Istilah tersebut mungkin memang benar. Dengan berwisata, pengetahuan akan bertambah, tubuh ikut bergerak, sambil menikmati waktu bersama dengan orang tersayang.

Salah satu trend wisata yang sedang populer adalah jenis wisata religi. Selain dapat melepas penat dan stres, kelebihan dari wisata religi adalah mampu meningkatkan spiritualitas orang yang menjalaninya, mengajarkan manusia untuk lebih dekat dengan Sang Pencipta yang Maha Penyayang, dan berbagai keunggulan lainnya.

Bagi Anda yang sedang menimbang-nimbang untuk menyewa apartemen di Olympic Residence Sentul, beberapa tempat ini jaraknya cukup dekat untuk berwisata religi dengan nyaman. Ingin tahu apa saja tempat wisata religi di sekitaran Olympic Residence Sentul? Simak 6 di antaranya berikut.

1. Potret Toleransi di Vihara Pan Kho Bio, Ada Mushalla di Dalam Vihara

pan kho

(Sumber gambar : https://www.instagram.com/witaburman/)

Masjid atau mushalla merupakan tempat ibadah umat Muslim. Sementara Vihara merupakan tempat ibadah untuk ummat Buddha. Maka menjadi unik ketika ada Vihara dengan mushala di dalamnya. Keunikan Vihara Pan Kho Bio atau yang dikenal pula dengan nama Vihara Mahabrahma ini menjadi salah satu simbol bahwa berbeda-beda dalam hal keyakinan tidak mesti selalu berselisih dan memicu api pertengkaran.

Jika berangkat dari Apartemen Olympic Residence, Anda membutuhkan waktu kira-kira 25-30 menit dengan menaiki kendaraan bermotor. Vihara yang menunjukkan toleransi antar umat beragama ini tepatnya terletak di Jalan Roda, Kampung Pulo Geulis, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

kelen

(Sumber gambar : https://www.instagram.com/re_flownell/)

Adanya mushalla di dalam vihara ini bukan sesuatu yang baru, namun sudah terjaga dari bertahun-tahun silam. Memang masyarakat yang tinggal di Kampung Pulo Geulis tersebut paham betul akan makna toleransi. Selain itu, vihara ini juga menyediakan tempat beribadah bagi umat Konghucu dan Tao, maka sering pula disebut dengan nama Kelenteng. Di dalam kelenteng yang merupakan salah satu kelenteng tertua di Bogor ini juga terdapat makam salah satu imam yang menyebarkan agama Islam di tanah Sunda.

2. Menapaki Masjid Paling Antik di Kota Bogor, Masjid Al-Mustofa

al mustofa

(Sumber gambar : http://hellobogor.com/wisata-sejarah-ke-masjid-tertua-di-kota-bogor/)

Masjid yang satu ini bisa dibilang merupakan salah satu masjid yang paling tua di kota Bogor. Sudah berdiri semenjak abad ke-17, tepatnya pada tahun 1728. Adalah seorang pemuka agama Islam bernama Tubagus Mustofa Bakri yang mendirikan masjid legendaris ini. Namanya kemudian diabadikan menjadi nama masjid tersebut, sebagai bentuk kenangan terhadap jasanya memperjuangkan Islam di Bogor. Masjid Al-Mustofa berjarak sekitar 20-25 menit menggunakan kendaraan bermotor dari apartemen Olympic Residence Sentul.

masji

(Sumber gambar : http://hellobogor.com/wisata-sejarah-ke-masjid-tertua-di-kota-bogor/)

Walaupun umurnya kini sudah hampir 300 tahun, namun Masjid Al-Mustofa ini masih terlihat sangat kokoh dari dalamnya. Beberapa kali renovasi tidak menghilangkan ciri khas masjid ini. Tiang-tiang yang menahan kokohnya bangunan masjid dahulu terbuat dari kayu jati, dengan 9 goresan lambang Wali Songo. Setelah direnovasi, masjid yang tepatnya terletak di Jl. Ciremai Ujung Bantarjati Kaum ini masih berupaya tidak menghilangkan elemen struktur dan ornamen bangunan.

3. Menyusuri Megahnya Masjid Agung Harakatul Jannah

harak

(Sumber gambar : https://www.instagram.com/ismailaldii/)

Menuju Masjid yang pasti sudah sangat familiar bagi Anda yang sering berwisata ke puncak ini, dari Apartemen Olympic Residence hanya memakan waktu 35-40 menit. Bangunan Masjid Agung Harakatul Jannah ini terlihat jelas di persimpangan Gadog sisi kanan, jika sedang melaju menuju gerbang tol Ciawi.

IMG_2023.JPG

(Sumber gambar : http://masjid-harakatuljannah.blogspot.co.id/)

Masjid Harakatul Jannah ini cukup unik karena bangunannya mirip dengan Taj Mahal di India. Terdapat satu buah kubah besar berbentuk bawang yang dikelilingi dengan 6 buah kubah yang lebih kecil. Keseluruhan kubah tersebut dibangun menggunakan material tembaga. Terletak tepatnya di Jalan Raya Puncak KM 71, Gadog, Masjid inI didirikan oleh H. Syahrul Effendi, yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Selatan. Beliau mendirikan masjid ini menggunakan tabungan pribadinya yang sebelumnya diperuntukkan untuk umroh.

4. Temukan Kedamaian dan Semangat Baru di Masjid Agung Kota Bogor

masjid-agung-kota-bogor-_151005185132-481

(Sumber gambar : https://2dheart.wordpress.com/2010/04/11/masjid-agung-bogor/)

Terletak tepatnya di Jl. Dewi Sartika, Bogor, Masjid Agung Bogor dapat ditempuh dengan sekitar 20-30 menit dari Apartemen Olympic Residence Sentul. Dari kejauhan, warna masjid yang dicat hijau terlihat sangat menenangkan, sejuk, dan damai. Bangunan masjid berada di antara berbagai kios pedagang, karena memang masjid ini dibangun di tengah Pasar Anyar, atau kini terkenal dengan nama Pasar Kebon Kembang.

masjid-bogor-21

(Sumber gambar : https://2dheart.wordpress.com/2010/04/11/masjid-agung-bogor/)

Sudah didirikan semenjak tahun 1987, masjid ini memiliki luas tak kurang dari 4000 meter persegi. Pohon-pohon di pelataran masjid pun menambah kesan hijau segar yang menumbuhkan semangat baru. Kerap jamaah mencari tempat berteduh dengan duduk di bawah pohon-pohon yang ditanam di sekitar masjid.

5. Masjid Raya Bogor, Indah dengan Guratan Kaligrafi Detail nan Menawan

raya

(Sumber gambar : https://www.instagram.com/masjidguide/)

Masjid sebagai ‘rumah Tuhan’ dan tempat beribadah memang layak untuk diagungkan, salah satunya dengan cara mendirikannya sebaik mungkin. Masjid Raya Bogor merupakan salah satu masjid yang dekat dengan Apartemen Olympic Residence Sentul dengan keindahan desain interior tiada tara. Menghadap ke kiblat, Anda akan disajikan kaligrafi yang mengagungkan nama-nama Allah dalam Asma’ul Husna. Kaligrafi ini sangat detail dan indah, membuat siapapun yang memandang akan mendapatkan energi spiritualitas tersendiri.

mas

(Sumber gambar : https://www.instagram.com/padityar/)

Bangunan Masjid Raya Bogor berdiri di atas lahan yang luasnya 4.057 meter persegi. Sempat menuai pro dan kontra saat dibangun, kini masjid yang berhasil dibangun atas donasi dari gaji PNS ini bisa tegak berdiri hingga kini. Letaknya di Jl. Pajajaran, Bogor Timur, atau sekitar 16-25 menit dari Olympic Residence Sentul. Selain sebagai tempat beribadah, masjid ini juga berfungsi sebagai Islamic Centre, tempat para jamaahnya mengkaji ilmu agama.

6. Masjid Berwarna Sedamai Warna Laut, Masjid Jami biru At-Tohirin

 

masjid-biru_20160615_094648

(Sumber gambar : TribunnewsBogor.com/Yudhi Maulana)

Melewati jalan Raya Bogor-Sukabumi, masjid Jami Biru At-Thohir sudah terlihat dengan menara tingginya. Terletak di kaki Gunung Salak, masjid ini oleh warga sekitar mendapat sebutan ‘Masjid Biru SBY’, karena memang diprakarsai pembangunannya oleh mantan presiden Indonesia tersebut. Masjid Biru ini melengkapi daftar wisata religi dekat Apartemen Olympic Residence Sentul.

biru

(Sumber gambar : https://www.instagram.com/addie.koto.noor/)

Dengan warna biru laut yang menenangkan, masjid Jami Biru At-Thohir ini memang mengadipsi gaya arsitektur masjid Maroko. Dengan luas lahan 1,5 hektar, lantai masjid ini terbuat dari marmer berkilau. Terdapat dua lantai dengan bagian atas yang melingkari bangunan. Berkendara sekitar 40 menit dari Apartemen Olympic Residence Sentul, Anda sudah bisa menikmati wisata religi di Masjid Biru ini.

Baca juga : 3 Cafe Paling Pas Untuk Bersantai Saat Weekend

Demikianlah 6 lokasi wisata religi yang dapat dikunjungi jika tinggal di Apartemen Olympic Residence. Terbukti memang Apartemen Olympic Residence ini merupakan apartemen yang lokasinya cukup strategis, bahkan untuk berwisata religi. Kawasan apartemen juga memiliki prospek cukup baik dan diperkirakan dapat berkembang produktif di masa depan.

Apalagi, apartemen ini hanya ‘selangkah’ dari Gerbang Tol Sirkuit Sentul, sehingga akan memudahkan Anda untuk berpergian menuju lokasi-lokasi wisata religi di atas. Penggunaan LRT atau bus pun dimungkinkan jika ingin menggunakan kendaraan umum yang nyaman.

Tak perlu khawatir pula tentang harga, Apartemen Olympic Residence sangat terjangkau mulai dari para pengantin baru hingga yang sudah berkeluarga cukup lama. Misalnya saja, tersedia unit Studio yang dapat dicicil mulai dari 2 jutaan per bulannya.

Penasaran ingin tahu lebih lanjut mengenai Apartemen Olympic Residence? Cek websitenya di tautan ini, atau hubungi nomor teleponnya di (021)29099206.

#ORSBlogCompetition

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s