Resensi Buku

Review Buku Happy Little Soul – Ibuk @retnohening

Judul Buku: Happy Little Soul – Belajar memahami anak dengan penuh cinta
Nama Pengarang : Retno Hening Palupi (@retnohening)
Nama Penerbit : GagasMedia
Ketebalan Buku : XIV + 202 halaman
Tahun Terbit : 2017
Nomor Edisi: ISBN 978-979-780-886-0

Akhirnya aku pun ikut membeli buku yang sedang populer ini. Buku yang kini di tanganku ini merupakan cetakan ke-6 di tahun yang sama dia terbit, tahun 2017. Penasaran dengan isinya, karena nantinya toh aku sendiri akan jadi seorang ibu.

diraliya.wordpress.com (1)

Tentu saja ketertarikan membeli buku ini berawal dari media sosial. Aku mengikuti apa-apa saja tingkah Kirana (putri Ibuk Retno Hening) semenjak sekitar setahun yang lalu dari instagram Ibuk @retnohening. Lucu, menggemaskan, dan cerdas! Di usianya yang baru 2 tahun, Kirana seperti bisa berkomunikasi dengan orang dewasa, percaya diri untuk bercerita, menari, menyanyi, pokoknya bikin gemas orang yang melihatnya.

Membeli buku tentang kisah-kisah Ibuk mengasuh Kirana, buatku adalah sesuatu yang membahagiakan. Dari cerita-cerita yang dituliskan Ibuk, kita diajak untuk bersama-sama mencoba memahami anak dengan penuh cinta dan kesabaran.

diraliya.wordpress.com (2)

Ibuk Retno Hening sendiri sebetulnya memiliki background sebagai seorang guru TK, sehingga ketika lahir Kirana, ia tentunya sudah memiliki pengetahuan sekaligus pengalaman untuk mengasuh anak. Dibalik keceriaan yang dibagikan sehari-hari melalui foto atau video yang menunjukkan tingkah lugu nan cerdas Kirana, ternyata Ibuk pun pernah mengalami keguguran sebelum Kirana lahir. Saat hamil pun, Ibuk tidak ditemani oleh suaminya yang harus kerja di luar negeri.

Salah satu poin penting yang aku dapatkan di buku ini adalah tentang bersabar ketika memiliki seorang anak yang selalu penasaran akan berbagai hal. Apalagi ketika anak masih belum bisa bicara, tentunya ia kesulitan untuk mengungkapkan apa yang diinginkannya. Seringkali orang tua yang tidak sabar akan menganggap anak hanya bersuara sesuka hatinya, padahal jika lebih jeli, anak sebetulnya mengeluarkan suara untuk meminta sesuatu pada orang tuanya, baik itu makan, minum, atau sekedar perhatian.

diraliya.wordpress.com

Disinilah aku rasa peran Ibuk Retno Hening yang sedikit berbeda dari kebanyakan orang tua lainnya. Ibuk memiliki kesabaran di atas rata-rata untuk berusaha keras selalu menanggapi dan mencoba mengerti apa yang ingin disampaikan oleh Kirana. Mengutip dari halaman 35, “Sebisa mungkin saya harus paham apa maunya, meskipun terkadang emosi dan stres juga karena dia tetap menangis dan saya belum juga menemukan penyebabnya.” Walau begitu, kebiasaan untuk mencoba memahami apa yang Kirana inginkan membuatnya berkembang cepat, terutama di bagian kecerdasan linguistik.

Di buku Happy Little Soul ini ibuk juga berbagi mengenai kegiatan apa saja yang dapat dilakukan untuk bermain bersama anak. Misalnya pada usia 0-6 bulan, Ibuk terbiasa untuk menyambut Kirana yang baru bangun dengan perkataan-perkataan lembut dan semangat baru. Atau permainan-permainan yang diajarkan Ibuk pada Kirana usia 6-12 bulan, seperti membacakan buku bergambar tanpa tulisan, bermain karu bergambar, dan sebagainya.

Masih banyak lagi pelajaran parenting yang bisa diambil dari buku ini, untuk lebih lengkapnya, silakan baca sendiri ya. Buat yang penasaran bagaimana cara Ibuk mengasuh Kirana, mengajarkannya untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya, mengajarkannya bertanggung jawab untuk merapikan mainan yang sudah selesai dimainkan, semuanya lengkap ada di buku ini.

Terakhir, mengutip kata-kata dari Ibuk di buku ini :

Menjadi ibu adalah tentang jatuh cinta setiap hari kepada anak dan suami, tentang belajar bersabar tiada henti, dan tentang menguji keikhlasan yang dimiliki. Kita bisa menemukan kekuatan yang tak sangka dimiliki, dan melakukan segala sesuatu yang rasanya tak mungkin dikerjakan, tetapi akhirnya bisa dilalui

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s