Blog Competition

7 Alasan Mengapa Setiap Pelaku Usaha Membutuhkan Website

Semakin mudahnya terhubung dengan orang lain di era informasi ini membuat setiap pelaku usaha juga semakin dimudahkan untuk memasarkan produknya. Hanya bermodalkan sebuah komputer, laptop, atau bahkan hanya smartphone, dari satu tempat yang memiliki jaringan internet, berbagai biaya dapat dipangkas demi kemajuan usaha.

Maraknya penggunaan media sosial juga mendukung para pelaku usaha kecil dan menengah untuk mempromosikan bisnisnya. Coba ingat-ingat lagi, ketika membaca timeline di Facebook, melihat-lihat foto di Instagram, atau bahkan menelusuri timeline LINE, ada saja postingan-postingan yang ditujukan untuk membuat khalayak ramai mengetahui suatu produk bisnis.

Salah satu cara lainnya untuk mengembangkan bisnis UKM atau usaha bisnis online adalah dengan cara membuat website. Sebuah domain yang terdiri dari beberapa web page akan sangat membantu agar produk yang ditawarkan akan diketahui oleh banyak orang. Paling tidak, ada 7 manfaat jika pelaku usaha membuat website bagi brand-nya :

1. Terlihat Profesional dan Terpercaya

Semakin mudahnya membuat akun untuk berjualan, semakin banyak pula berbagai akun palsu yang memiliki tujuan keluar dari tujuan bisnis, bahkan bertujuan jahat demi menipu konsumen yang ingin bertransaksi.

website1

(Sumber gambar : https://pixabay.com/id/laptop-prezi-presentasi-3d-maket-2411303/)

Dengan membuat sebuah website, suatu usaha akan terlihat lebih profesional dan terpercaya. Memang ada sejumlah biaya yang harus dikeluarkan ketika ingin membeli domain website yang disesuaikan dengan nama brand, namun biaya tersebut relatif murah jika dibandingkan dengan keuntungan yang akan didapatkan nantinya.

Kebanyakan orang lebih percaya untuk berbelanja di toko online yang sudah memiliki website. Suatu website juga biasanya akan mencantumkan testimoni dari transaksi sebelumnya, sehingga meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen ketika memutuskan untuk membeli. Lihat saja berbagai contoh toko yang sudah dikenal orang, biasanya pasti sudah memiliki website. Ikuti jejak para profesional ini dengan membuat website juga bagi usaha yang dimiliki.

2. Lebih Banyak Orang Mengetahui Produk Usaha

Tidak semua orang memiliki akun Instagram, dan tidak semua orang pula setiap hari bisa online di media sosial. Ketika mencari sebuah barang untuk dibeli secara online, orang justru akan kesulitan mencarinya di berbagai media sosial.

Memang ada Instagram yang menyediakan hashtag sehingga konsumen akan lebih mudah untuk mencari suatu produk, misalnya dengan melakukan pencarian (search) dengan kata kunci #jualsepatu. Namun tentunya ada sangat banyak foto yang dapat dilihat oleh konsumen, dimulai dari yang diunggah baru-baru ini, hingga yang diunggah dalam waktu sangat lampau. Jika tidak rajin mengunggah postingan, lama-kelamaan pun akun usaha ‘tenggelam’ dengan postingan-postingan baru.

website2

(Sumber gambar : https://pixabay.com/id/gadis-texting-smartphone-mobile-925470/)

Adanya website membuat pencarian orang akan lebih terstruktur. Apalagi jika pelaku usaha memahami cara mengoptimasi website yang dimiliki, seperti dengan cara SEO pada artikel, backlink, pembuatan keyword yang mantap, dan sebagainya. Dengan memasukkan keyword tertentu ke mesin pencari, orang akan lebih mudah mencari produk yang diinginkannya. Jika telah berhasil mengoptimasi website dan membuat website milik usaha terpampang pada halaman pertama mesin pencari, tentunya lebih banyak lagi orang yang akan membuka halaman website dan akhirnya mengetahui produk yang dipromosikan, bahkan tertarik untuk membelinya.

3. Memudahkan Marketing Produk

Salah satu biaya terbesar yang dikeluarkan pala pelaku usaha adalah biaya marketing untuk memasarkan produknya. Bagi usaha kecil menengah, memang biaya ini relatif tidak terlalu besar, karena cakupan konsumen bisa dari tetangga, rekan kerja, atau orang-orang yang berada di lingkungan terdekat.

website3

(Sumber gambar : https://pixabay.com/id/pemasaran-online-internet-marketing-1246457/)

Walau begitu, tentunya usaha akan lebih berkembang pesat jika lingkaran konsumen bertambah besar, hingga ke luar pulau atau bahkan ke luar negeri. Untuk memperbesar lingkaran ini, tentunya ada biaya marketing yang diperlukan seperti memasang iklan di media cetak ataupun mengiklankan produk dengan berbagai cara.

Dengan adanya website, marketing produk akan lebih dimudahkan. Setiap orang dari berbagai belahan dunia dapat menemukan produk yang ditawarkan. Kini bukan lagi hanya orang yang tinggal di sekitar yang mengetahui usaha Anda, orang-orang yang tinggal di zona waktu berbeda pun dapat menemukan produk Anda kapanpun dan dimanapun.

4. Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Bagi sebuah usaha, tentunya pelanggan adalah raja. Tidak ada pelanggan, maka tidak ada kata keberhasilan dalam sebuah usaha. Adanya website akan membantu menjaga hubungan baik pemilik usaha dengan pelanggan yang sudah bertransaksi.

Lewat website yang dimiliki, pelaku usaha dapat dengan mudah mendistribusikan newsletter, menyimpan data kontak pelanggan seperti data e-mail, melakukan survei untuk mengembangkan usaha, serta terus memberikan berita terbaru mengenai produk yang dijual. Dengan adanya website pun, pelanggan akan dengan mudah mengontak pelaku usaha jika memerlukan tambahan informasi.

website4

(Sumber gambar : https://www.flickr.com/)

Jika hubungan dengan pelanggan terus terjaga baik, niscaya usaha yang dilakukan juga terus berkembang. Pelanggan tentunya akan merekomendasikan toko yang menurutnya berkualitas baik dan memiliki hubungan baik dengan para pelanggannya.

5. Toko Bisa Buka Hingga 24 Jam

Banyak dari pelaku usaha  yang menitipkan produknya di sebuah toko fisik yang berada di pusat keramaian. Memang lebih banyak orang yang akan melihatnya,namun tentunya toko yang secara fisik membutuhkan sewa tempat dan tenaga kerja tersebut tidak bisa buka 24 jam.

website5

(Sumber gambar : https://pixabay.com/id/piala-teknologi-memegang-bersantai-2218405/)

Berbeda halnya jika pelaku usaha membuat website yang menyajikan seluruh produknya, toko ini bisa buka dua puluh empat jam dalam sehari, sehingga kapanpun konsumen memiliki waktu untuk berbelanja, bahkan di pagi buta maupun malam hari, dapat langsung melakukan pesanan ke website yang ada. Tentu saja di hari libur pelaku usaha dapat memberikan pengumuman untuk libur sejenak dan akan menerima transaksi setelah toko buka kembali.

6. Lebih Nyaman dari Sisi Konsumen

Konsumen juga akan lebih dimudahkan jika suatu usaha sudah memiliki website, terutama dari segi waktu dan kenyamanan. Bayangkan saja, jika tidak memiliki sebuah website, paling-paling calon konsumen harus terlebih dahulu menghubungi pemilik usaha melalui direct message di sosial media, atau menghubungi langsung ke nomor pribadi pemilik usaha saat berminat terhadap produk usaha.

website6

(Sumber gambar : https://pixabay.com/id/istirahat-bisnis-orang-bisnis-2297835/)

Bagi orang yang suka mengobrol dan memiliki banyak waktu luang, mungkin hal ini biasa dan tidak merepotkan. Berbeda halnya jika konsumen adalah orang yang sibuk dan ingin segala sesuatunya dibuat lebih nyaman. Pelaku usaha yang memiliki website akan memudahkan konsumen yang tidak perlu lagi menyisihkan waktunya  untuk menghubungi pelaku usaha jika ingin membeli produknya.

Pelaku usaha tinggal memodifikasi websitenya sehingga calon pelanggan dapat langsung memesan barang yang diinginkannya secara otomatis, perhitungan harga dan ongkos kirim juga dilakukan secara otomatis, sehingga pelanggan dapat bertransaksi lebih cepat dan nyaman.

7. Meningkatkan Penjualan Produk

Manfaat terakhir yang paling penting dan alasan mengapa setiap pelaku usaha membutuhkan website adalah karena dengan begitu, penjualan dapat meningkat dengan cukup signifikan. Lebih banyaknya pengunjung website yang dapat mampir 24 jam dalam sehari, dari manapun dan kapanpun akan meningkatkan peluang terjualnya produk.

website7

(Sumber gambar : https://pixabay.com/id/e-commerce-keranjang-belanja-belanja-402822/)

Dapat ditemukan secara mudah di dunia maya dan dapat terlihat oleh semua orang di dunia karena website yang dimiliki tentunya akan dengan mudah meningkatkan profit dari penjualan, yang merupakan tujuan utama didirikannya sebuah usaha.

Demikianlah 7 alasan mengapa sebuah website sangat diperlukan bagi para pelaku usaha. Jadi tunggu apa lagi? Mulailah membuat website untuk usaha yang Anda miliki, dan dapatkan ketujuh keuntungan tersebut dari sekarang. Usaha yang baik adalah usaha yang terus-menerus berkembang, yang dapat dilakukan dengan mulai membuat website demi terciptanya kesuksesan di masa depan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s